#trik_pojok { position:fixed;_position:absolute;bottom:0px; left:0px; clip:inherit; _top:expression(document.documentElement.scrollTop+ document.documentElement.clientHeight-this.clientHeight); _left:expression(document.documentElement.scrollLeft+ document.documentElement.clientWidth - offsetWidth); }
http://kelompok31ti2013.blogspot.com/ https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjq1K6k7vZcPzc51-HqoNFVtznM59QgdNhKN9jbT7UvWakA1BPvA32CyvmUINKsL4uyA6VKUQa_vcqkfecE7a6_hYtAP-BDJsmhNX7YlXu71CSnT9ZxGYpQNyuxTe72qTHGKAvN7trrN6A/s1600/Gambar+Animasi+10.gif

Kamis, 21 November 2013

Jurnal Modul 2 ( Program Kasir )

Deskripsi Program Kasir

Pada program kasir ini menggunakan tipe data string dan  integer. Program kasir membaca inputan data berupa  kode barang yang dimasukan oleh peggunanya.  Saat inputan data ini tidak sesuai dengan kode yang ada pada program maka akan muncul “ kode yang anda masukan salah” dan akan dicetak kosong pada outputnya.  Dan saat kode barang yang di input cocok dengan yang ada di program maka proses akan dilanjutkan dan kemudian  akan diminta jumlah barang yang mau dibeli. Setelah itu akan diproses oleh program.
Dalam proses ini jumlah barang yang dibeli akan dikalikan dengan harga satuan tiap barang yang dibeli dan juga jumlah toatal pembayaran yang harus dilakukan. Kemudian  output dari pembelian yang telah dilakukan akan ditampilkan. Setelah itu akan diminta pembayaran yang harus dilakukan, saat uang yang dimasukan kurang akan diminta untuk memasukan jumlah pembayaran lagi. Dan kemudian selesai.

Flowchart Program Kasir




Pseudocode Program Kasir

Algoritma Sistem_Kasir
{Algoritma untuk mengitung toal harga dan kembalian dengan cara menginput kode barang}
Deklarasi
Kode_barang : string
Nama_barang : string
Harga_satuan : integer
Total_pembayaran : real
Harga_pembelian : real
Kembalian : real
Jumlah sepatu futsal : integer
Jumlah bola kaki : integer
Jumlah sepatu basket : integer
Jumlah bola basket : integer
Jumlah total : integer
Deskripsi
Write "kode barang"
Read (kode_barang)
If kode_barang="AA1"then 
Nama_barang     "Sepatu Futsal"
Harga_satuan      300000
Write"jumlah sepatu futsal"
Read(jumlah_sepatu_futsal)
Else
Ifkode_barang="BB2"then
Nama_barang   "Bola Kaki"
Harga_satuan    80000
Write"jumlah bola_kaki"
Read(jumlah_bola_kaki)
Else
Ifkode_barang="CC3"then
Nama_barang    "Sepatu Basket"
Harga_satuan     400000
Write"jumlah sepatu basket"
Read(jumlah_sepatu_basket)
Else 
Ifkode_barang="DD4"then
Nama_barang    "Bola Basket"
Harga_satuan     100000
Write"jumlah bola basket"
Read(jumlah_bola_basket)
Jumlah_total   ←   jumlah_sepatu_futsal + jumlah_bola kaki + jumlah_sepatu_basket + Jumlah_bola_basket
Harga_pembelian    harga_satuan*jumlah_total
Repeat 
Write "Jumlah Pembayaran"
Read(jumlah_pembayaran)
Kembalian    jumlah_pembayaran - harga_pembelian
If Kembalian<0 then
Write "Maaf Uang Anda Kurang"
Else
If kembalian>=0
Write " Terima Kasih Sudah Berbelanja, Datang lagi yaa!"
Write "Kode Barang"
Write "Nama Barang"
Write "Harga Satuan"
Write "Jumlah Barang"
Write "Harga Pembelian"
Write"kembalian"


TUTORIAL PEMBUATAN PROGRAM MESIN KASIR
Langkah-langkah membuat program Mesin Kasir dengan menggunakan ECLIPSE:
1. Untuk memulai program,klik program ECLIPSE, maka akan mucul workspace launcher   seperti gambar dibawah ini:


2. Pada kotak workspace isikan tempat dimana kita akan menyimpan data dari program yang dibuat. Misalkan kita akan menyimpan di data (B:) dengan nama eclipse Kasir, maka klik Browse dan akan tampil pada layar seperti berikut:


Kemudian, klik computer -> New  volume(B:) -> klik New folder untuk membuat folder dari program yang dibuat -> ok ,sehingga akan tampil seperti ini:

3. Untuk menampilkan data ke layar, pada Menu bar klik “File->New->Java project”

4. Isi nama Proyek yang Anda inginkan pada project name

Klik finish dan akan muncul workspace Anda.
5. Setelah Eclipse membuat proyek untuk Anda,dibagian kiri workspace Anda akan melihat  struktur direktori proyek Anda yang dimulai dengan nama proyek, folder   src, dan  folder  JRE syst library.
Klik kanan pada folder src->”New->Package”-> 



kemudian isikan nama pada kotak yang tersedia->klik finish dan akan tampil pada  workspace seperti berikut:


6. Klik kanan lagi pada folder package yang Anda buat,kemudian “New->Class” isi nama class sesuai dengan yang Anda inginkan



7. Akan tampil pada workspace, data-data yang berisi package dan class sesuai dengan nama yang Anda masukkan pada tahap sebelumnya.


8. Pertama kita harus mengimport perintah atau method yaitu classScanner yang disediakan  oleh java API dengan cara memasukkan atau mengetikkan coding “import java.util.Scanner;” di bawah nama package.



9. Tuliskan nama Scanner yang akan digunakan misalnya = “ok” dengan ketentuan  penulisan:
Scanner ok = new Scanner(System.in);



 10. Kemudian deklarasikan variabel variabel data yang akan diisikan. Karena variabel pembuatan program  Mesin Kasir ini banyak, maka untuk mempermudah gunakan pemisalan.
String kb_1nb_1=" "kb_2nb_2=" "kb_3nb_3=" "kb_4nb_4=" ";
int hs1=0, hs2=0, hs3=0, hs4=0, total1total2total3total4jumlah_barang1jumlah_barang2,jumlah_barang3jumlah_barang4,total_hargatotal_pembayarankembalian;
int panjang = 10;
int panjang2 = 25;
int panjang3 = 21;
int panjang4 = 17;
int panjang5 = 21;
int test;
Untuk penjelasan pemisalan variabel-variabel tersebut,  uliskan listing dibawah ini  sesuai ketentuan penulisan pada Eclipse







11. Selanjutnya,tuliskan list seperti dibawah ini yang berguna untuk menampilkan data yang telah diinputkan dan menghitung harga total barang yang dibeli.







12. Setelah itu,untuk menampilkan program yang kita buat.Dapat dilakukan dengan cara meng klik Run pada menu Run->Run> OK , atau klik CTRL+F11 maka akan tampil pada view console inputan data yang Anda buat, serta isikan kode-kode barang yang ingin Anda beli.


12. Setelah menginputkan kode-kode barang yang diinginkan, maka akan muncul jumlah dan harga total yang Anda ingin beli.


12. Masukkan jumlah pembayaran. Jika uang kurang, maka akan ditampilkan pernyataan kekurangan uang dan meminta jumlah pembayaran lagi.



Untuk program, dapat di download pada link di bawah ini:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar